arti kata Wayang Kulit

       wayang kulit adalah salah satu contoh kebudayaan bangsa indonesia. memiliki ciri khas dan sarat akan simbol dan makna yang membuat salah satu karya seni tradisional ini tetap terjaga kelestariannya. Seiring berkembangnya jaman, membuat kita harus pandai-pandai untuk menjaga dan melestarikan dan mempertahankan budaya sendiri. Banyak diantara kita yang kurang begitu paham akan budaya kita sendiri. maka dari itu saya akan berbagi sedikit pengetahuan tentang arti kata WAYANG KULIT.

contoh gambar wayang kulit

        Wayang kulit adalah seni tradisional Indonesia yang terutama berkembang di Jawa. Wayang berasal dari kata 'Ma Hyang' yang artinya menuju kepada roh spiritual, dewa, atau Tuhan Yang Maha Esa. Ada juga yang mengartikan wayang adalah istilah bahasa Jawa yang bermakna 'bayangan', hal ini disebabkan karena penonton juga bisa menonton wayang dari belakang kelir atau hanya bayangannya saja.

contoh gambar wayang kulit 1


Secara umum wayang mengambil cerita dari naskah Mahabharata dan Ramayana, tetapi tak dibatasi hanya dengan pakem (standard) tersebut, ki dalang bisa juga memainkan lakon carangan (gubahan). Beberapa cerita diambil dari cerita Panji.
Demikian sedikit pengetahuan tentang wayang kulit dan pengertian dari wayang kulit.