Seni lukis zaman Renaissance


Berawal dari kota Firenze. Setelah kekalahan dari Turki, banyak sekali ilmuwan dan budayawan (termasuk pelukis) yang menyingkir dari Bizantium menuju daerah semenanjung Italia sekarang. Dukungan dari keluarga deMedici yang menguasai kota Firenze terhadap ilmu pengetahuan modern dan seni membuat sinergi keduanya menghasilkan banyak sumbangan terhadap kebudayaan baru Eropa. Seni rupa menemukan jiwa barunya dalam kelahiran kembali seni zaman klasik. Sains di kota ini tidak lagi dianggap sihir, namun sebagai alat baru untuk merebut kembali kekuasaan yang dirampas oleh Turki. Pada akhirnya, pengaruh seni di kota Firenze menyebar ke seluruh Eropa hingga Eropa Timur.

Tokoh yang banyak dikenal dari masa ini adalah:

  • Tomassi
  • Donatello
  • Leonardo da Vinci
  • Michaelangelo
  • Raphael

1 comment:

  1. Blog yang menarik, mengingatkan saya akan Leonardo da Vinci yang mengatakan: "Detail-detail membuat kesempurnaan, dan kesempurnaan bukanlah suatu detail. Contohnya, dari pengalaman menunjukkan kita bahwa langit pastilah memiliki kegelapan di luarnya namun langit selalu tampil biru."
    Saya mencoba menulis blog tentang Leonardo, semoga anda juga suka: http://stenote-berkata.blogspot.hk/2018/03/wawancara-dengan-leonardo.html

    ReplyDelete