pengertian objek dalam sudut pandang seni


Objek dalam sudut pandang seni
Objek merupakan wujud atau visualisasi dari bentuk yang ditampilkan dalam sebuah karya seni khususnya seni lukis. Dalam visualisasi objek pada sebuah lukisan dapat berbentuk representatif (melukiskan kembali bentuk-bentuk yang sudah ada di alam) maupun non representatif (bentuk-bentuk baru yang belum ada di alam).
Representatif adalah melukiskan kembali bentuk-bentuk yang sudah ada di alam. Seperti halnya menjadikan manusia sebagai sebuah objek lukisan, maupun benda-benda yang ada disekitar kita yang dijadikan objek dalam sebuah karya seni. Karya seni yang diciptakan oleh pencipta ini termasuk dalam kategori objek representatif, karena pencipta menjadikan motif-motif Candi Badut, ikan koi, dan arwana sebagai objek karya seni lukisnya.  
Dalam prakteknya, pengambilan objek yang sudah ada di alam bisa dibagi menjadi dua yaitu yang pertama objek yang sudah ada langsung dilukiskan tanpa merubah bentuk-bentuk awal dari objek itu sendiri. Yang kedua merubah bentuk objek awal menjadi bentuk baru namun tidak menghilangkan bentuk awal objek.