Definisi Seni Lukis Berdasarkan Asal Kata


Pemaknaan sebuah kata sangat di perlukan untuk dapat mengambil kesimpulan dari makna terkandung di dalamnya, agar mudah di pahami.
Lukisan dalam bahasa inggris yaitu “Painting”, yang berarti lukisan dan seni lukis. Proses untuk menghasilkan Painting yaitu “to paint” yang artinya mengecat. (Widodo, 1992:3).
Mengecat berarti menorehkan cat warna pada bidang dua dimensi dengan menggunakan kuas. jadi lukisan bisa juga diartikan hasil dari sapuan kuas dengan warna pada bidang dua dimensi. Unsur-unsur yang ada pada lukisan berupa warna.
Seni lukis adalah suatu pengucapan pengalaman artistik yang di tumpahkan dalam bidang dua dimensional dengan menggunakan garis dan warna. (Soedarso SP, 1990:11)
Menurut Clive, Seni lukis merupakan aktifitas menghubungkan atau membangun struktur dengan unsur bentuk, garis, warna, tekstur, dan irama yang dapat memberikan pengalaman emosi estetik. (Sumardjo, 2000).
Dari uraian diatas, maka dapat diambil kesimpulan karya lukisan berupa hasil dari sapuan kuas dengan warna pada bidang dua dimensional dengan elemen-elemen visual dan memberikan pengalaman emosi estetik bagi penerimanya.