contoh RPP ekspresi Seni Budaya


RENCANANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
(RPP)

SMA / MA                  : SMA Negeri 
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester          : X / II
Standar Kompetensi     : Mengekspresikan  diri melalui karya seni rupa
Kompetensi Dasar        :Membuat karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak diwilayah nusantara.
Tujuan                          :Setelah mengikuti pelajaran ini siswa diharapkan dapat membuat sebuah karya seni rupa terapan berupa kap lampu dengan menggunakan bahan dasar kertas koran
Alokasi                         :  4 x 2 x 45 menit        

A.     Standart Kompetensi
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
B.     Kompetensi Dasar
Membuat karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak di wilayah nusantara
C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Merancang desain dan membuat kerangka kap lampu
2.      Membuat biji anyam dengan berbagai teknik misal pelintir, pilin, jalin/kepang, linting, lidi bambu lilit dengan benar
3.      Dapat melakukan pewarnaan pada biji anyam yang digunakan baik pewarnaan pada saat sebelum dirangkai maupun setelah dirangkai
4.      Merangkai biji anyam tersebut hingga menjadi kap lampu dengan menggunakan teknik anyam, teknik tempel biji anyam, atau teknik lipat temple

D.    Nilai Karakter Bangsa
Melalui pembelajaran ini, ada beberapa nilai karakter yang diharapkan pada siswa. Nilai tersebut antara lain:
·        Jujur : Siswa diharapkan jujur dalam mengerjakan tugas yang telah diberikan, mengerjakan sendiri bersama teman sekelompoknya.
·        Toleransi : siswa diharapkan dapat toleransi terhadap perbedaan yang ada, terutama mengenai perbedaan pendapat sesama teman kelompok ketika berkarya.
·        Disiplin : Siswa diharapkan tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
·        Kerja keras : Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
·        Kreatif : Berpikir dan melakukan sesuatu untuk  menghasilkan cara atau hasil baru dari  sesuatu yang telah dimiliki.
·        Demokratis : Cara berpikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama  hak dan kewajiban dirinya dan orang lain, menghormati pendapat orang lain terutama dengan teman sekelompok.
·        Bersahabat/ komunikatif : Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
·        Peduli lingkungan : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. Dalam hal ini siswa diharapkan dapat memanfaatkan kertas koran bekas menjadi benda yang lebih berguna dari sebelumnya.
·        Tanggung jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

E.     Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pelajaran ini siswa diharapkan dapat membuat sebuah karya seni rupa terapan berupa kap lampu dengan menggunakan bahan dasar kertas koran
F.      Pemilihan dan Pengorganisasian Materi
1.      Pemilihan bahan dan bentuk dasar kap lampu
2.      Langkah-langkah membuat karya
3.      Pemilihan teknik pembuatan biji anyam (pelintir, pilin, jalin/kepang, linting, atau lidi bambu lilit)
4.      Teknik penyusunan/ merangkai biji anyam
5.      Teknik penyempurnaan/ finishing

G.    Sumber Pelajaran
·        Buku Kreasi Unik Kertas Koran, karya Rubiyar, penerbit Trubus Agrisarana
H.    Strategi dan Metode Pembelajaran
·        Strategi Pembelajaran   : CTL (Contextual Teaching and Learning)
Strategi ini tidak mengharuskan siswa untuk menghafal fakta-fakta melainkan mendorong siswa untuk  mengkonstruksikan, mengalami, memecahkan masalah, menemukan sesuatu yang berguna bagi diri siswa
·        Pendekatan      : Progresif
Pendekatan ini memandang seni sebagai ekspresi. Guru sebagai fasilitator dan motifator sedangkan siswa aktif dengan metode karya cipta bebas
·        Metode            : Peragaan  , tanya jawab, penugasan karya cipta bebas terarah