tips menggambar wajah atau sketsa wajah pensil

       Kali ini saya akan mencoba berbagi tips cara menggambar wajah atau juga sketsa wajah..
langkah awal perlu di persiapkan beberapa alat dan bahan yang di butuhkan untuk menggambar wajah atau sketsa wajah.
       Kesempatan kali ini kita akan menggambar wajah atau sketsa wajah dengan pensil. dibawah ini saya secara bertahap memberikan tips cara mudahnya
  1. persiapkan mental dulu.. resiko mendapat ujian tak terduga datang tiba tiba.  ( temen dateng, komen gambar blum kelar, kata menyayat hati.. mental gak siap, belajar sketnya brenti ganti tawuran. hahaha.. ).
  2. nah klo menta sudah siap, baru siapkan kertas, pensil optional 2b ato 4b, penghapus. ( penggunaan penghapus hanya ketika kondisi darurat. diusahakan tidak menggunakan penghapus untuk meminimalkan resiko tekstur kertas rusak).
  3. tentukan objek wajah yang akan kita sket. untuk awal lebih mudah menggunakan wajah orang tua atau wajah yang berkarakter. ( misal wajah nenek nenek yang tekstur kriputnya kliatan, wajah penjahat di sinetron pakek kacamata item kumis tebel, ato juga wajah tante tante di pasar yang suka jajain jualannya tanpa mikir resiko tawuran.. hahaha lewati aja..).
  4. masuk proses menggambar kita mulai menggunakan garis bantu dan oval untuk menentukan proporsi agar gak terlalu besar atau terlalu kecil ukuran gambar dari bidang kertas.
  5. sket perlahan dengan goresan tipis terlebih dahulu agar bila ada kesalahan gak begitu kelihatan
  6. setelah sket tipis pas, baru kita tebalkan lagi menggunakan pensil 4b/8b.
  7. sebenarnya fokus dalam sket wajah ada pada mata dan bibir, jd penekanan tebalnya warna hitam pensil lebih ke mata dan bibir.
itu sekilas tentang tips membuat sketsa wajah dengan media pensil. untuk berikutnya saya akan melampirkan tahapan demi tahapan agar lebih mudah. selamat mencoba.