RPP, Skenario, dan Skrip Pembelajaran

A. RPP, Skenario, dan Skrip Pembelajaran

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau biasa disebut dengan RPP adalah suatu rancangan tertulis mengenai kegiatan pengajaran yang akan dilaksanakn oleh guru dalam proses pembelajaran. RPP dibuat untuk setiap kompetensi dasar, yang terkadang tidak dapat diselesaikan dalam satu kali pertemuan. Penyususnan RPP ditujukan untuk memberi kemudahan bagi guru dalam melakukan proses pengajaran, karena dalam RPP juga dicantumkan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan, sehingga seorang guru tanpa keraguan akan mengetahui hal-hal apa sajakah yang perlu dilakukannya dalam proses mengajar.

Untuk melengkapi RPP perlu disusun pula skenario pembelajaran, yaitu pengaturan waktu untuk setiap langkah kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru dan siswa. Skenario pembelajaran sangat bermanfaat untuk menyesuaikan kegiatan pembelajaran dengan waktu pembelajaran yang telah ditentukan oleh lembaga pendidikan, sehingga dapat diprediksi apakah suatu kompetensi dasar dapat diselesaikan atau tidak dalam satu kali pertemuan. Jika satu kompetensi dasar tidak dapat diselesaikan dalam satu pertemuan, maka guru pun harus menentukan langkah pembelajaran selanjutnya di pertemuan yang akan datang.

Selain RPP dan skenario pembelajaran, penyusunan skrip pembelajaran juga akan sangat bermanfaat dalam melancarkan kegiatan pembelajaran. Skrip pembelajaran berupa dialog antar guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Meskipun dialog tersebut adalah rekayasa, namun bagi seorang guru, dialog guru dalam skrip pembelajaran dapat dijadikan tuntunan dalam mengorganisasi pengajaran, menyampaikan pengajaran, dan mengelola pengajaran. Skrip pembelajaran disusun berdasarkan RPP dan skenario pembelajaran, dengan menyusun dan mempelajari skrip pembelajaran, guru akan lebih mudah dalam menentukan hal-hal apa saja yang perlu dilakukan dan disampaikan dalam proses mengajar.

Dari uraian di atas dapat disimpulakan bahwa seorang guru perlu menyusun RPP, skenario, dan skrip pembelajaran untuk mempermudah proses mengajar yang akan dilakukannya dalam pembelajaran. Dengan demikian maka calon guru juga harus diberi latihan untuk menyusun RPP, skenario, dan skrip pembelajaran hingga dapat menyusun ketiganya dengan benar.