contoh RPP Mengapresiasi karya seni kriya SMA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMA

Mata Pelajaran : Seni Budaya

Sub Kompetensi : Seni Rupa

Kelas : XI (IPS/Bahasa)

Semester : 1 (satu)

Waktu : 2 x 50 menit

Standar Kompetensi : Mengapresiasi karya seni kriya

Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya di wilayah nusantara

Indikator :

  1. Menjelaskan pengertian seni kriya
  2. Menunjukkan contoh seni kriya
  3. Mengklasifikasikan seni kriya

I. Tujuan Pembelajaran

  1. Mendeskripsikan pengertian seni kriya
  2. Mendeskripsikan karakteristik seni kriya
  3. Mengklasifikasikan karya seni kriya di wilayah Nusantara berdasarkan bentuk karya
  4. Mengklasifikasikan karya seni kriya di wilayah Nusantara berdasarkan teknik penciptaannya
  5. Mengklasifikasikan karya seni kriya berdasarkan bahan yang digunakan
  6. Mendeskripsikan keunikan gagasan bentuk dan isi pada karya seni kriya di wilayah Nusantara
  7. Mendeskripsikan keunikan teknik pada karya seni kriya di Wilayah Nusantara
  8. Menunjukkan contoh-contoh karya seni kriya di wilayah Nusantara

II. Materi Ajar

  1. Pengertian karya seni kriya
  2. Karakteristik seni kriya
  3. Jenis-jenis karya seni kriya di wilayah Nusantara
  4. Gagasan bentuk yang terkandung pada karya seni kriya di wilayah Nusantara
  5. Teknik penciptaan karya seni kriya di wilayah Nusantara
  6. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan karya seni kriya
  7. Contoh-contoh karya seni kriya di wilayah Nusantara

III. Metode Pembelajaran

Pendekatan : Akademik

Metode : Ceramah, tanya jawab, diskusi,

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Seminggu sebelum pertemuan ini siswa diberi tugas secara individu untuk membaca materi tentang karya seni kriya

Kegiatan Awal

1. Menetapkan materi mengidentifikasi karya seni kriya di wilayah Nusantara

2. Tanya jawab tentang berbagai macam contoh karya seni kriya di sekitar kita

Kegiatan Inti

1. Tanya jawab tentang pengertian seni kriya

2. Menjelaskan pengertian seni kriya

3. Tanya jawab tentang bentuk, bahan, dan teknik penciptaan seni kriya dan pengklasifikasiannya

4. Menunjukkan 4 contoh karya seni kriya

5. Membagi siswa menjadi 8 kelompok

6. Memberi tugas pada setiap kelompok untuk berdiskusi mengklasifikasi contoh karya seni kriya berdasarkan bentuk dan tehnik penciptaannya, dengan rincian:

Kelompok 1dan 2, mengklasifikasikan karya seni kriya 1

Kelompok 3 dan 4, mengklasifikasikan karya seni kriya 2

Kelompok 5 dan 6, mengklasifikasikan karya seni kriya 3

Kelompok 7 dan 8, mengklasifikasikan karya seni kriya 4

7. Siswa berdiskusi bersama kelompoknya masing-masing

8. Satu kelompok dari obyek yang sama mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain memberi tanggapan, guru mengawasi dan membimbing

Kegiatan Akhir

1. Guru mengevaluasi diskusi

2. Guru menginformasikan materi untuk minggu depan, yaitu mengapresiasi karya seni kriya di wilayah Nusantara

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar

1. Buku Pendidikan Seni Budaya yang relevan

2. Beberapa karya seni kriya

VI. Penilaian

1. Teknik Penilaian : Tes tertulis, Tes lisan

2. Bentuk Instrumen : Uraian

3. Soal/ Instrumen :

Identifikasi Benda Kriya yang disuguhkan pada kelompok kalian berdasarkan fungsi, bentuk, bahan, dan teknik penciptaannya. Serta tuliskan kekurangan dan kelebihan yang kalian temukan pada benda kriya itu!

Malang,………………

Guru Mata Pelajaran

……………………….

NIP: …………………


No comments:

Post a Comment